ABSENSI SISWA BERBASIS ANDROID SMPN 5 SIDOARJO

SMP Negeri 5 Sidoarjo akan segera meluncurkan Aplikasi berbasis Android. Aplikasi tersebut dibuat untuk menunjang kedisiplinan siswa dalam hadir ke sekolah lebih awal dan tidak terlambat. Aplikasi Absensi Siswa berbasis android ini akan terhubung langsung dengan Wali Murid. Wali Murid akan mendapatkan pemeritahuan bahwa putra dan putri mereka terlambat hadir tepat waktu melalui Handphone android Wali murid secara cepat. tidak itu saja, jika datang terlambat melebihi dari batas wajar maka wali murid akan mendapatkan undangan langsung ke Handphone melalui aplikasi tersebut.

tekan readmore untuk mendownload dan melihat cara instal aplikasi

 

klik link ini untuk mendownload aplikasinya.

* langkah download dan instal aplikasi :

 Langkah 1 :

 

 

Setelah bapak/ibu mengeklik link yang disediakan. silahkan bapak/ibu mendownload aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol panah/download sepertia gambar disamping.

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR.

 

 

Langkah 2 :

 

Langkah selanjutnya yaitu bapak/ibu menggeser layar bagian atas ke bawah lalu klik nama aplikasi seperti gambar di samping. lalu ikuti intruksi instal smpai keluar muncul kata buka/selesai. lalu silahkan tekan selesai.

KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR.

 

 

 

Langkah 3 :

 

 

 

setelah bapak/ibu selesai menginstal silahkan tekan menu atau home untuk memilih aplikasi Absensi Online SMPN 5 Sidoarjo. setelah memilih aplikasinya maka akan muncul gambar seperti gambar disamping. tunggu beberapa dan aplikasi siap digunakan

 

 

 

* Menu Aplikasi :

Gambar di atas yang bagian kiri adalah tampilan awal aplikasi. silahkan bapak/ibu klik menu pada kanan tombol menu pada kanan atas layar handphone bapak/ibu, maka akan muncul menu dan silahkan pilih menu yang ada

* Penjelasan Menu Aplikasi :

  • Beranda : Memuat tampilan awal aplikasi.
  • Tentang : Memuat informasi seputar aplikasi tersebut.
  • Predikat Point : Memuat tentang predikat poin dalam melakukan pelanggaran. (lklik gambar a dibawah ini untuk memperbesar)
  • Undangan : Memuat tentang undangan digital yang akan diterima saat siswa melanggar (telat) melebihi batas yang ditentukan BK (bapak/ibu akan mendapatkan Notifikasi tiap 3 kali dalam sehari jika bapak/ibu belum memenuhi undangan digital tersebut). (klik gambar b dibawah ini untuk memperbesar)

 

GAMBAR A       GAMBAR B

 

 * Penggunaan Aplikasi

Langkah 1 :

 

Langkah awal untuk penggunaan aplikasi absensi online ini yaitu silahkan daftarkan nama bapak/ibu dsertai kelas. contoh : DANI PUTRA (7-1). pengisian aplikasi harus sama seperti contoh. (silahkan klik gambar untuk memperbesar). setelah menulis nama dan kelas anak bapak/ibu silahkan klik register. tunggu sampai ada pemberitahuan device registration successful. mendaftarkan nama siswa cukup sekali saja.

Langkah 2 :

Gambar C            Gambar D

Klik Untuk Memperbesar

Setelah mendaftarkan nama putra/putri bapak/ibu. silahkan klik menu lalu pilih undangan dan masukkan nama diikuti kelas seperti saat mendaftarkan nama putra/putri bapak/ibu. nama dan kelas harus sama saat seperti pertama mendaftarkan nama yang disertai kelas. (lihat gambar C). setelah memasukkan nama maka bapak/ibu akan mendapatkan pesan bahwa belum ada undangan untuk anda. itu dikarenakan putra/putri bapak/ibu belum melakukan pelanggaran/telat di sekolah.

Lankah 3 :

Bapak/ibu setelah mendaftarkan putra/putrinya maka akan mendapatkan notifikasi khas SMPN 5 Sidoarjo di Handphone Android bapak/ibu. Pemberitahuan meliputi undangan digital, Telat, Alfa, Ijin, Dan Sakit. untuk melihat notifikasi Bapak/ibu bisa menggeser bagian atas layar bapak/ibu kebawah. (lihat gambar E). silahkan bapak/ibu klik Notifkasi tersebut untuk melihat rincian. (lihat gambar D)

. 

Gambar E               Gambar D

   Klik Untuk Memperbesar

 

Itulah rangkaian tutorial dalam menggunakan Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Android. jika bapak ibu mengalami kesusahan dalam menginstal. silahkan hubungi nomer WA yang mengirimkan pesan mengenai hal ini. Semoga Aplikasi Ini bermanfaat bagi Sekolah, Wali murid, dan Siswa. Kritik Dan saran dengan senang hati kami terima untuk kemajuan bersama.

 

Twitter

Facebook Pages